Kamis, 08 September 2011

10 Negara Terkaya Di Dunia

| Kamis, 08 September 2011 | 0 komentar


10 Negara Terkaya Di Dunia. Tak bisa dipungkiri bahwa jika ada negara yang termiskin di dunia ini, maka pastinya ada juga negara yang memiliki kekayaan di atas negara-negara lainnya. Namun, besarnya kekayaan yang dimiliki oleh sebuah negara tidak lantas menjadi jaminan bahwa negara tersebut yang paling makmur di antara negara-negara lainnya. Kekayaan hanya menjadi salah satu faktor, selain itu masih banyak faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan.


Meskipun demikian, ada negara kaya yang penduduknya termasuk yang paling makmur dan bahagia dibanding dengan negara lain yang memiliki aset di bawahnya.
Berikut ini adalah daftar 10 negara terkaya di dunia.

1. Qatar
Qatar adalah sebuah negara berbahasa Arab dan menjadi salah satu negara terkaya di dunia sejak tahun 1940-an, ketika negara tersebut menemukan banyak sumber gas alam dan cadangan minyak di daerahnya. Alasan lain mungkin salah satu negara terkaya di dunia adalah populasi penduduknya yang hanya lebih dari satu juta orang sehingga masalah yang timbul relatif lebih sedikit dan negara bisa membantu keuangan warganya.
Keadaan seperti ini menjadi negara ini sebagai tempat yang baik untuk hidup dan pilihan populer karena keramahan penduduknya, dan bebas pajak bagi warga yang tinggal di sana. 

2. Luxembourg
Luxembourg tidak hanya merupakan salah satu negara terkaya di dunia, tetapi juga salah satu negara terkecil di dunia dengan populasi penduduk kurang dari 500.000 orang. Dengan fakta seperti ini, negara mampu memberikan kesejahteraan yang maksimal bagi para penduduknya.
Selain sebagai salah negara terkaya dan negara terkecil di dunia, Luxembourg juga menjadi salah satu negara paling makmur di dunia, lagi-lagi negara ini berada setingkat di bawah Qatar.

3. Norwegia
Norwegia merupakan negara yang sangat modern di Eropa—meski sebenarnya bukan merupakan bagian dari Uni Eropa. Persediaan cadangan minyak dan gas yang berlimpah membuat negara ini tercatat sebagai salah satu dari 10 negara terkaya di dunia.
Norwegia juga termasuk dari lima negara pengekspor minyak terbesar di dunia. Kenyataan ini tentunya akan berpengaruh terhadap income per kapita dari negara ini. Tak tanggung-tanggung, penjualan minyak dan gas serta turunannya mencapai US$500 miliar; sebuah bilangan yang fantastik untuk negara yang berpenduduk hanya sekitar 4,7 juta orang ini.

4. Singapura

Singapura adalah negara yang sebagian besar berbentuk pulau. Negara in meski kecil tetapi sangat maju, sehingga dianggap sebagai salah satu dari empat “Macan Asia ‘bersama dengan Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan. Salah satu alasan mengapa negara termasuk salah satu negara terkaya di dunia adalah bahwa ia memiliki pelabuhan tersibuk keempat di dunia yang membuat pusat perdagangan yang sangat aktif. Tidak hanya itu, negara ini juga sangat terkenal dengan futuristic dan sangat ramai dalam bidang bisnis. Oleh karena itu, tidak heran bila Singapura—negara yang luas daerahnya hampir sama dengan kota Jakarta—menjadi negara tujuan bisnis terpopuler saat ini.

5. Cina
Diakui atau tidak, Cina adalah salah satu negara terkaya di dunia dan semakin hari semakin maju. Salah satu yang menjadi penyebab Cina menjadi salah satu negara terkaya adalah jumlah penduduk yang sangat besar sehingga memberikan banyak keuntungan bagi negara itu sendiri.
Selain soal jumlah, Cina juga memiliki bangsa yang memiliki etos kerja sangat kuat, yang memang telah ditanamkan sejak usia dini, ditopang lagi dengan kemajuan teknologi yang dikuasai oleh Cina. Hingga saat ini, Cina merupakan salah satu pesaing terkuat Amerika Serikat, baik dalam hal bisnis maupun dalam hal teknologi.

6. Amerika Serikat
Amerika Serikat bukan hanya merupakan salah satu negara terkaya di dunia, tetapi mungkin juga yang paling kuat. Negara ini juga merupakan pusat budaya populer dan hiburan dan memiliki usaha ekonomi yang ramah sehingga membuat para miliarder kelas kakap merasa betah berbisnis di negara ini.
Amerika memang surga bagi para pebisnis kelas kakap. Berbagai perusahaan besar dan terbaik di dunia bermunculan di sana. Dan, dari sinilah sumber perekonomian Amerika Serikat sehingga menjadi salah satu negara terkaya dan terkuat di dunia.

7. Swiss

Tak banyak orang yang mengira bahwa Switzerland atau Swiss termasuk dalam salah satu dari 10 negara terkaya di dunia. Namun, sejak melepaskan diri dan tidak mau terlibat dalam Perang Dunia II, Swiss terus fokus untuk memajukan negaranya dan tidak mau ikut campur dengan urusan negara lain.
Sebagai puncak dari keseriusan pemerintah h Swiss untuk memajukan negaranya, maka berdirilah sebuah bank yang paling aman dan terbaik di seluruh dunia yang kemudian dikenal dengan Bank Swiss. Berbagai perusahaan besar di dunia berlomba-lomba untuk menyimpan seluruh aset yang dimilikinya ke bank ini. Perusahaan-perusahaan tersebut yakin bahwa dengan menyimpan di Bank Swiss, mereka merasa bahwa segala aset yang disimpan di bank itu seratus persen aman. Dan, untuk mendapatkan keamanan tersebut, perusahaan-perusahaan tersebut rela untuk membayar sangat mahal itu penyimpanan dan perawatan aset yang mereka miliki.
Lihatlah perusahaan-perusahaan besar seperti Nestle, Logitech, Rolex, dan Credit Suisse mempercayakan aset perusahaan-perusahaan tersebut kepada Bank Swiss, yang tentu saja bayarannya segunung. Dan, dari sinilah Swiss mendapatkan pemasukan yang sangat besar, yang mampu menjadikannya sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

8. Irlandia

Irlandia sebagai salah satu bagian dari negara terkaya di dunia mungkin sangat mengejutkan. Sebab, negara ini masih mengalami masalah politik yang sudah berlangsung cukup lama. Namun, perlu diketahui bahwa negara Irlandia adalah negara pengembang perangkat komputer terbesar di seluruh dunia. Mengingat di zaman sekarang ini komputer bisa dikatakan sebagai kebutuhan pokok, maka tidak heran bila negara ini menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Bagaimana pun, pemasukan dari hasil penjualan perangkat komputer tersebut tentu sangat besar dan ini banyak membantu terhadap ekonomi negara tersebut.

9. Kuwait

Dalam dunia internasional, Kuwait dikenal dengan sebutan “fortress built near water (benteng yang dibangun di dekat air)”. Karena, negara ini berada di dekat Teluk Persia dan cukup terkenal di antara negara-negara Arab lainnya.
Kuwait menjadi salah satu negara terkaya di dunia disebabkan cadangan minyak yang dimilikinya. Negara ini adalah salah satu dari lima negara yang memiliki cadangan minyak terbanyak di dunia, dan Kuwait menyumbang 10 persen persediaan minyak dunia. Karena itu pulalah negara ini menjadi sangat kaya melebihi negara-negara tetangganya, seperti Arab Saudi maupun Irak.

10. Uni Emirat Arab
Uni Emirat Arab adalah negara kaya minyak dan gas dan sangat maju sehingga menduduki peringkat kesepuluh di antara negara-negara terkaya di dunia. Negara ini menyimpan kekayaan lebih banyak dari yang diketahui semua orang.
Baru-baru ini, negara ini banyak membuat pulau buatan dan baru menyelesaikan bangunan tertinggi di dunia yang diberi nama Burj Khalifa (bangunan yang tingginya dua kali lipat dibanding tinggi gedung Empire State Building di New York. Diperkirakan bahwa seperempat dari bangunan-bangunan besar di dunia terdapat di Dubai, salah satu kota terbesar di Uni Emirat Arab.
sumber : http://www.iniluarbiasa.com/10-negara-dengan-potensi-kekayaan-terbesar-di-dunia/




Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA