Rabu, 28 Desember 2011

Penyebab Kerusakan DVD-RW Laptop dan Cara Memperbaiki

| Rabu, 28 Desember 2011 | 0 komentar




Penyebab Kerusakan DVD-RW Laptop dan Cara Memperbaiki. Komponen-komponen yang terdapat pada laptop sangatlah bermacam-macam, oleh karena itu kita sebagai pemilik laptop hendaklah merawat dan berhati-hati dalam penggunaan Fitur-fitur pada Laptop, terutama pada DVD-ROOM yang sering banget terjadi kerusakan, meski kerusakan yang dapat diperbaiki, ataupun yang tidak mungkin lagi untuk diperbaiki.

Adapun Gejala-gejala yang ditimbulkan oleh DVD-ROOM jika terjadi kerusakan diantaranya sebagai berikut :
1. Tidak terdeteksi pada Operating System
2. Tidak bisa Open / membuka
3. Tidak bisa membaca/menulis/hanya bisa membaca saja. (CD)

Adapun cara memperbaikinya dimungkinkan sebagai berikut :
1. Sebelumnya Bongkar dulu Laptop anda dan lepas 'mur' pengait kemudian periksa penancapan tegangan yang masuk ke DVD-ROOM, perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? sebaiknya diset auto. Periksa apakah led menyala, jika tidak kerusakan di Controllernya.
2. Kerusakan ada pada mekanik motor atau karet motor.
3. Kerusakan Biasanya pada optik, tetapi ada kemungkinan masih bisa diperbaiki dengan cara men-set ualng optik tersebut, namun terkadang masalah optik DVD sangatlah jarang untuk diperbaiki.
4. Head Kotor, bisa dibersihkan menggunakan CottonBut

Terkadang kita sering lupa menaruh keping CD/DVD yang telah digunakan itu tidaklah menyebabkan DVD-ROOM menjadi rusak namun hal tersebut sangatlah merugikan karena dapat menyedot energi yang disediakan oleh batterai, sehingga dapat mengurangi awetnya batterai, selain itu jika settingan bios masih dalam kondisi 'first-boot'nya DVD-ROOM, maka akses untuk bootingnya akan semakin lama karena akan mengindentifikasi keping CD/DVD tersebut bootable atau tidak.

sumber : http://choeicruut.blogspot.com/2010/02/penyebab-kerusakan-dvd-rw-pada-laptop.html


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
Tempat pesan sofa
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA