Selasa, 27 Desember 2011

Cara Mengatasi CD- DVD ROM drive hilang dari jendela My Computer

| Selasa, 27 Desember 2011 | 0 komentar


Cara Mengatasi  CD- DVD ROM drive hilang dari jendela My Computer?. Masalah CD- DVD ROM drive tidak muncul di jendela My Computer sangat umum pada laptop dan PC dan penyebab masalah ini juga sangat beragam. CD- DVD ROM drive tidak muncul bisa disebabkan oleh kerusakan CD ROM drive atau oleh masalah perangkat lunak.

CD- DVD ROM drive hilang dari jendela My Computer harus kita pastikan penyebabnya apakah karena masalah hardware ataukah software. Caranya adalah silahkan buka BIOS dan lihat apakah CD- DVD ROM drive terdaftar di sana atau hilang juga. Jika ada maka itu berarti bukan masalah hardware.
Selanjutnya lakukan langkah-langkah penelusuran berikut ini;
  1. Pastikan laptop/PC anda bersih dari virus karena virus tertentu dapat menyebabkan masalah ini sehingga anda tidak bisa menginstall antivirus.
  2. Masuk ke Device Manager dan uninstall CD/DVD drive dari device manager kemudian restart komputer agar CD Rom drive dideteksi ulang kembali. Bagi anda yang sudah familiar dengan registry, cara diatas dapat juga dilakukan di regedit.
  3. Jika metode disebutkan di atas tidak bekerja, Anda dapat mencoba untuk membuka pasang kembali drive optis. Lepaskan kabel daya dan kabel datanya lalu pasang kembali. Untuk laptop, cobalah keluarkan CD-ROM drive dan kemudian pasang kembali. Lihat apakah cara ini memperbaiki masalah.
  4. Anda juga dapat mencoba boot dari CD bootable untuk melihat apakah laptop Anda mengenali CD-ROM drive pada tingkat BIOS. Masukkan CD bootable dan start laptop anda sebagaimana ketika akan menginstall sistem operasi. Jika Anda memastikan bahwa piringan CD installer masih baik dan laptop/PC tidak bisa boot dari CD bootalbe, maka kemungkinan besar drive sudah rusak dan harus diganti.
Masalah lain yang sering ditemukan pada CD Rom drive adalah tidak dapat membaca data dengan sempurnah. Ini disebabkan karena optic yang kotor atau bahkan sudah kalah. CD- DVD ROM drive hilang dari jendela My Computer bukanlah sesuatu yang mudah dideteksi tetapi juga bisa anda kerjakan sendiri. Semoga berhasil.


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
Tempat pesan sofa
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA