Jumat, 16 Desember 2011

Layanan Blackbery Terancam Dihentikan

| Jumat, 16 Desember 2011 | 0 komentar


Layanan Blackbery Terancam Dihentikan. Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menghimbau kepada pihak Research in Motion (RIM) selaku produsen BlackBerry agar membangun serverlokal di Indonesia. Jika tidak mematuhi, BRTI akan menghentikan layanan BlackBerry Internet Service (BIS).

Anggota BRTI Heru Sutadi menjelaskan pihaknya sudah meminta kepada RIM untuk membangunserver di Indonesia sejak tahun 2009. Namun hingga saat ini, RIM tidak melaksanakan permintaan tersebut.

"Kalau mereka tidak mau membangun server di sini, mendingan jangan usaha di sini. Layanan BIS akan dihentikan sehingga ponsel BlackBerry akan seperti ponsel biasa," kata Heru kepadaKompas.com, Senin (12/12/2011).

Alasan BRTI meminta RIM untuk membangun server lokal di Indonesia karena pengguna BlackBerry di tanah air mencapai 5 juta pengguna. Bahkan pengiriman Blackberry di sini mencapai 9 juta unit. 

Heru menganalogikan jika harga perangkat BlackBerry per unit sekitar Rp 3 juta maka RIM akan mengantongi dana Rp 15 triliun. Belum lagi paket layanan BIS dengan rata-rata Rp 100.000 per bulan, total transaksi layanan BIS yang masuk ke RIM mencapai Rp 300 miliar per bulan.

"Jelas sekali perputaran uang ke RIM sangat besar. Itupun belum termasuk aplikasi yang dijual di App World dan harga perangkat yang di atas Rp 3 juta," katanya.

Selain itu, pembangunan server lokal juga diperlukan agar pengiriman layanan BIS termasuk Blackberry Messenger (BBM) lebih cepat, pertukaran informasi lebih aman, dan biaya layanan BIS akan makin murah.

"BlackBerry lebih disukai di Indonesia, tetapi malah dibangun server di Singapura dan membangun pabrik di Malaysia. Kita seperti diinjak-injak RIM," katanya. [kompas]


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
Tempat pesan sofa
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA