Kamis, 04 Agustus 2011

Tips Berpuasa : Tips Berwisata Saat Puasa

| Kamis, 04 Agustus 2011 | 0 komentar


Disaat bulan puasa sering kali orang merasa leas dan males . Tapi sebaiknya puasa jangan selalu dijadikan alasan utuk bermalas malasan . Selama puasa kita masih bisa menjalankan aktivitas rutin kita tanpa terhambat dengan puasa . Seperti halnya berwisata . Kita tetap bisa berwisata di bulan puasa ini dengan gembira .


Kegiatan wisata bagi umat Muslim di saat bulan puasa memang sedikit berbeda jika dibanding wisata pada hari-hari biasa. Hal ini karena Anda membutuhkan daya tahan tubuh yang ekstra. Apapun bentuk kegiatan saat Anda berwisata, sebaiknya diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan tidak mengurangi pahala Anda saat berpuasa. Berikut berberapa tips yang dapat Anda lakukan jika ingin berwisata saat puasa.

Pertama, pada saat sahur konsumsilah makanan yang memiliki nilai gizi dan nutrisi yang tinggi. Jika perlu tambah dengan asupan multivitamin, agar saat menjalani puasa seharian Anda tetap segar dan tetap menjalani kegiatan wisata dengan bugar. Jangan lupa pula untuk membiasakan diri membaca doa saat akan berpergian keluar rumah. Siapkan pula pribadi Anda untuk tetap sabar dan menjaga emosi diri.

Kedua, siapkan segala kebutuhan pribadi Anda untuk berwisata, seperti Al Quran dan mukena. Sehingga Anda tetap bisa menjalankan ibadah selama berwisata. Sediakan pula air mineral untuk persiapan buka puasa ketika terpaksa harus berbuka puasa saat di perjalanan.

Ketiga, sempatkan untuk mengisi waktu liburan dengan melakukan safari Ramadhan, yaitu dengan melakukan kegiatan wisata ke berbagai tempat yang memiliki nilai religi untuk menambah pengetahuan Anda mengenai Islam. Salah satunya, bisa dengan melakukan sholat tarawih di masjid-masjid yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Keempat, selama dalam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, isi kegiatan mendengarkan ceramah dengan memutar radio yang tersedia di kendaraan Anda selama perjalanan. Sisihkan pula uang Anda untuk bersedekah dan diberikan kepada orang yang membutuhkan saat dalam perjalanan liburan.

Kelima, saat waktu buka puasa telah tiba, beristirahatlah sejenak untuk melakukan buka puasa dengan makanan dan minuman yang manis untuk meningkatkan kembali tenaga Anda. Lalu lakukan ibadah terlebih dahulu, barulah kemudian lanjutkan wisata Anda. [kompas]

Nah sudah tau kan trik dan tips untuk tetap riang gembira saat berpuasa . . Janan biarkan puasa menghalangi aktivitas anda . Tetap semangat dalam menjalankan puasa . Semoga Tips Berwisata Saat Puasa ini dapat bermanfaat .Cukup sekian dan trimakasih .


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
Tempat pesan sofa
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA