Senin, 11 Juli 2011

8 Makanan Ampuh untuk Kesehatan Tubuh

| Senin, 11 Juli 2011 | 0 komentar

Anda ingin sehat . ? tentunya dengan mengkonsumsi makanan 4 Sehat 5 Sempurna.   Tetapi mungkin di anta kita tidak tau makanan apa saja yang terbukti Ampuh untuk menunjang kesehatan. Karena kesehatan sangatlah perlu untuk kita jaga. Untuk menerapkan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Maka Anda harus memasukkan delapan bahan makanan super ini dalam menu harian.

Untungnya sebagian besar makanan ini tidak harus membuat Anda merogoh kocek dalam-dalam karena harganya cukup murah dan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Sehingga tidak usah kuatir kantong anda jebol untuk memenuhinya .

Seperti dikutip dari iVillage, beberapa makanan seperti sawi hijau, telur dan brokoli mengandung berbagai macam nutrisi yang dahsyat manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga sistem pencernaan, memenuhi kebutuhan vitamin sampai mencegah kanker.

1. Susu Rendah Kalori
Jangan menghindari susu hanya karena takut gemuk. Justru Anda disarankan minum susu setiap hari. Dalam segelas susu, mengandung 9 nutrisi penting bagi tubuh; beberapa di antaranya kalsium, potassium, vitamin D, zinc, lemak, protein dan karbohidrat. Pilih jenis susu yang rendah lemak. Anda bisa meminumnya langsung atau dijadikan campuran milk shake dan smoothie. Namun ingat, jangan mencampurkannya dengan es krim dan gula. Tapi nikmati bersama buah-buahan.

2. Sawi Hijau
Sawi kaya akan vitamin, mineral, serat dan anti-oksidan. Sayuran yang biasa ditambahkan dalam mie ayam ini juga mengandung kalsium dan asam lemak omega-3. Mengonsumsi satu mangkuk sawi setiap hari akan membantu detoksifikasi tubuh, mencegah kanker, penyakit jantung dan gangguan kesehatan serius lainnya. Ada banyak cara untuk mengolahnya; dijadikan sup, tumis atau cukup direbus.

3. Telur Rebus
Telur rebus hanya mengandung 70 kalori dalam setiap butirnya. Jadi baik untuk Anda yang sedang diet namun tetap ingin memenuhi kebutuhan nutrisi. Telur kaya akan protein, kolin dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan otak. Makanan ini juga memiliki lutein dan zeaxanthin, anti-oksidan yang bisa meningkatkan kesehatan mata. Sebagian besar vitamin dan mineral terdapat pada kuning telur, jadi sebaiknya Anda tidak hanya memakan bagian putihnya. Namun kandungan kolesterol telur sedikit tinggi, jadi batasi konsumsinya hanya 7 butir seminggu.

4. Ubi Manis
Ubi manis (yang berwarna oranye) mengandung beta-karoten tinggi --jenis anti-oksidan-- yang tidak hanya menjaga kesehatan tapi juga kecantikan kulit. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ubi manis secara rutin, bisa mengurangi kerutan, noda hitam dan membuat wajah tampak bersinar. Ubi manis juga mengandung serat dan vitamin B yang mencukupi asupan energi. Konsumsilah ubi manis dengan cara direbus, atau dibuat puree dengan sedikit susu.

5. Teh Hitam
Teh kaya akan flavonoid --zat yang menetralkan partikel berbahaya yang disebut radikal bebas-- yang membantu memelihara kesehatan hingga tingkat sel tubuh. Minumlah teh tanpa gula maksimal 5 cangkir sehari. Teh hitam bisa diminum dalam keadaan dingin maupun panas.

6. Brokoli & Tomat
Brokoli dan tomat merupakan kombinasi sempurna untuk mencegah, bahkan melawan kanker. Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa mengonsumsi brokoli dan tomat bersamaan sangat efektif memperlambat pertumbuhan kanker prostat.

7. Mangga
Cukup makan satu cangkir mangga per hari, dan Anda sudah memenuhi 80% kecukupan vitamin C, 25% vitamin A, 7% potassium dan 3 gram serat. Selain itu, buah tropis ini juga mengandung phenol yang memiliki kemampuan menyembuhkan serta anti-oksidan. Selain dimakan utuh, mangga juga bisa dikombinasikan dengan yoghurt, es batu dan madu untuk menghasilkan smoothie lezat dan sehat.

8. Salmon
Empat ons salmon bisa memenuhi kecukupan asam lemak omega-3 setiap hari. Nutrisi ini membantu kurangi peradangan pada tubuh, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Salmon juga mengandung vitamin D dan berbagai mineral penting.

Olah semua macam makanan diatas menjadi mesakan yang lezat dan menjadi masakan favorit semua anggota keluarga .

Sekian dulu semoga bermanfaat dan HIDUP SEHAT dari mulai sekarang .


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA