Minggu, 31 Juli 2011

Tips Berpuasa : Hindari Makan Manis Saat Sahur

| Minggu, 31 Juli 2011 | 0 komentar

Mulai hari ini kita sudah masuk bulan romadhon . Dan besok saatnya kita melaksanakan puasa untuk pertama kalinya . Karena Untuk yang pertama kalinya, agar tubuh tidak terlalu lemas maka sebaiknya makan sahur . Tapi yang perlu diperhatikan saat sahur jangan terlalu makan yang manis-manis karena bisa bikin cepat lemas dan cepat lapar .


Makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Fungsi insulin adalah memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

Makanan yang terlalu manis akan meningkatkan gula darah secara cepat namun kemudian akan menurunkannya secara drastis, yang akhirnya akan menyebabkan tubuh kekurangan zat gula sebagai zat tenaga sehingga tubuh cepat lemas dan mengantuk. Makanan yang manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan. Padahal kieta harus menahan puasa selama 14 jam jadi akan ada waktu 12 jam kondisi tubuh akan lemas.

Jadi saat kieta makan sahur sebaiknya makan makanan yang cukup protein dan lemak dari lauk-pauk sebagai energi yang dapat bertahan lama .

Selain protein dan lemak dari lauk-pauk, karbohidrat juga perlu mendapat perhatian. Agar memiliki tubuh yang bugar saat berpuasa, maka menu karbohidrat yang ideal untuk sahur adalah ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, nasi merah karena merupakan karbohidrat kompleks yang kadar gulanya rendah dan menahan kenyang lebih lama hingga 6 jam dan makan buah-buahan tentunya.

Karbohidrat kompleks ini bisa disimpan di liver dan otot sebagai glikogen (zat sebelum menjadi glukosa). Jika tubuh kekurangan energi, cadangan glikogen inilah yang akan dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi.

Tapi seandainya telat untuk bangun sahur, atau kita masih punya sedikit waktu untuk sahur maka ada tips makanan yang dapat dimakan dalam waktu yang singkat tapi mendapat cadangan energi yang cukup yaitu dengan minum susu dan makan buah-buahan .
Demikian tips makan sahur yang bisa saya bagikan , semoga bermanfaat dan selamat berpuasa . Semoga Allah selalu berada menyertai kita .


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA