Minggu, 03 Juli 2011

Lari Bermanfaat untuk Kesehatan Otak

| Minggu, 03 Juli 2011 | 0 komentar


Lari merupakan olahraga yang murah dan cukup mudah dilakukan oleh masyarakat , karena tidak butuh banyak mengeluarkan uang dan semua bisa lari jika punya kaki dan tentunya kemauan. Ternyata dengan lari tidak hanya membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar, tetapi lari juga bermanfaat untuk kesehatan otak .


Para peneliti dari UCLA meneliti gelombang otak disaat proses belajar yaitu gamma rhythms. Studi pada tikus menemukan bahwa gelombang otak tikus akan semakin kuat ketika tikus tersebut sedang berlari. Dan kemudian penelitian itu dilakukan pada manusia dan hasilnyapun juga sama . 

"Ketika seseorang belajar, maka ada bahan kimia tertentu yang dilepaskan di otak untuk membentuk gamma rhythms. Bahan kimia yang sama juga dilepaskan ketika seseorang berlari," ujar Mayank Mehta, PhD selaku profesor neuroscience di UCLA, seperti dikutip dariMenshealth.com, Sabtu (2/7/2011).

Pada penelitian sebelumnya telah ditunjukkan bahwa berolahraga (lari) secara teratur bisa meningkatkan keterampilan kognitif seseorang dan menurunkan risiko yang berkaitan dengan penurunan mental sehingga dapat mengendalikan diri lebih baik. Dan dalam studi tahun 2007 di Neurobiology of Memory and Learning menemukan bahwa peserta akan belajar kosa kata 20 persen lebih cepat setelah berolahraga.
Selain itu olahraga lari secara rutin bisa memperbaiki memori yang ada di otak serta memerangi depresi. Kondisi ini menunjukkan bahwa lari tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja tapi juga pada otak.

Diharapkan suatu hari nanti peneliti bisa membantu dokter dan menemukan cara bahwa berlari atau jogging bisa membantu pasien Alzheimer dalam meningkatkan fungsi kognitifnya, atau penyakit lain yang berhubungan dengan penurunan kemampuan otak.

Para ahli menuturkan bahwa melakukan olahraga lari selama 5-30 menit bisa meningkatkan kemampuan otak. Jika memang tidak memiliki waktu yang banyak, maka cobalah untuk mengambil waktu disela-sela kegiatan atau bangun lebih awal dari biasanya.


Demikain banyak yang kita dapatkan dengan berlari , olahraga murah,mudah tapi manfaatnya waah . (detik)


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA