Kamis, 14 Juli 2011

Cara Maksimalkan SEO dengan Backlinks

| Kamis, 14 Juli 2011 | 1 komentar

Maksimalkan SEO dengan Backlinks

Apa itu Backlinks ?

Dalam istilah umum, ada dua jenis link: inbound dan outbound. Outbound adalah link dari blog Anda dan mengarah ke blog luar, sedangkan inbound link atau backlink, berasal dari sebuah blog eksternal untuk Anda. misalnya jika ilmukieta.blogspot.com memberikan link untuk yourdomain.com, link dari ilmukieta.blogspot.com adalah backlink (inbound) untuk yourdomain.com. Backlinks adalah salah satu komponen utama untuk Search Engine Optimisation yang baik (SEO).



Mengapa Backlinks  Penting .?

Jumlah backlink merupakan indikasi popularitas dari sebuah blog . Backlinks sangat penting untuk maksimalkan SEO karena search engine  seperti Google, memberikan kredit lebih untuk blog yang memiliki jumlah besar backlink yang berkualitas, dan mempertimbangkan blog-blog yang lebih relevan terhadap sebuah artikel di halaman search engine untuk hasil permintaan pencarian.


Karena itu, ketika search engine menghitung relevansi blog untuk sebuah keyword, mereka tidak hanya mempertimbangkan jumlah backlink ke blog, tetapi juga kualitas blog tersebut. Dalam rangka untuk menentukan kualitas, search engine memeriksa isi dari blog. Ketika backlink ke blog Anda berasal dari blog lain, dan blog tersebut memiliki konten yang berhubungan dengan blog Anda, nah ini dia backlink yang dianggap lebih relevan dengan blog Anda. Jika backlink ditemukan di blog dengan konten yang tidak terkait, mereka dianggap kurang relevan. Semakin tinggi relevansi backlink, semakin besar kualitas sebuah blog.

Misalnya, jika seorang webmaster memiliki sebuah blog tentang bagaimana memasak resep tradisional, dan menerima backlink dari blog lain tentang kumpulan resep masakan, maka itu akan lebih relevan dalam penilaian search engine daripada mendapatkan sebuah link dari sebuah blog tentang ilmu komputer. Oleh karena itu, lebih tinggi relevansi blog menghubungkan kembali ke blog Anda, semakin baik kualitas backlink.

Search engine lebih memilih blog yang memiliki tingkat backlink berkualitas, dan mencari link alami yang dibangun perlahan-lahan dari waktu ke waktu. Meskipun memodifikasi halaman web Anda untuk membuat blog lebih SEO friendly itu cukup mudah tapi akan  jauh lebih sulit bagi Anda untuk mempengaruhi blog-blog lain dan membuat mereka memberikan link ke blog Anda. Ini adalah alasan search engine menganggap backlink sebagai faktor yang sangat penting. Kriteria search engine untuk backlink berkualitas saat ini mendapat lebih beratdikarenakan tidak bermoral webmaster yang berusaha untuk mencapai backlink melimpah dengan teknik menipu atau licik, seperti link tersembunyi, atau halaman yang dihasilkan secara otomatis yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan backlink ke blog web. Halaman ini disebut link farms, dan mereka tidak hanya diabaikan oleh search engine, tetapi blog yang memberikan link ke link farm tersebut bisa menyebabkan blog Anda dilarang sepenuhnya.

Teks jangkar

Ketika link menggabungkan keyword ke dalam teks hyperlink, kita sebut ini teks jangkar. Teks Jangkar merupakan Sebuah link yang menjadi salah satu sumber daya yang paling kuat webmaster . Backlink dari beberapa blog Web dengan anchor text "ilmu komputer" akan membantu meningkatkan peringkat blog Anda lebih tinggi untuk keyword "belajar komputer". Menggunakan keyword adalah cara yang unggul untuk memanfaatkan hyperlink , jangan memakai kata "klik di sini" sebagai hyperlink karena tidak berhubungan dengan isi dari blog Anda. The 'Backlink Anchor Text Alat Analisis'  adalah alat yang akan membantu Anda menemukan link balik Anda dan teks yang digunakan untuk link ke blog Anda. Jika Anda menemukan ada blog yang memberikan backlink ke blog anda, tapi teks jangkar tidak menggunakan kata yang benar, Anda harus meminta agar blog tersebut mengubah jangkar teks menjadi keyword yang lebih relevan. Ini juga akan membantu untuk meningkatkan peringkat Anda di search engine. ( http://www.webconfs.com )


Selanjutnya mungkin menjadi pertanyaan yaitu bagaimana cara membangun blog dengan backlink yang berkualitas dan relevan . . ? Silahkan kunjungi artikel selanjutnya tentang Cara Membangun Backlink .

Cukup sekian dulu dan semoga bermanfaat .


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



1 komentar:

Ciga Golb mengatakan...

Makasih sharing ilmunya kawan,sangat bermanfaat.
Salam.

 
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA