Kamis, 23 Juni 2011

Cara Menghilangkan Jerawat

| Kamis, 23 Juni 2011 | 0 komentar


Jerawat . . .  memang sesuatu hal yang membuat sebagian orang bisa sangat merasa terganggu karenanya , terutama seorang wanita yang sudah bukan rahasia lagi memuja kecantikan bisa dipastikn sangat terganngu apabila ada jerawat di wajahnya. 
Dalam banyak hal kita tlah dijari bahwa mencegah itu lebih baik dari ada mengobati , nah maka dari itu sebenarnya jerawat bisa kita cegah agar tidak menyerang wajah kita . Asalkan kita bisa benar-benar mempraktekannya dan hindari kata "MALAS" , Dibawah ini cara-cara untuk mencegah jerawat muncu diwajah kita :


1. Mencuci wajah minimal 2 kali sehari
Mencuci wajah 2 kali sehari akan membantu menghilangkan minyak di permukaan kulit kita. Jika kita jarang membersihkannya, maka bakteri penyebab jerawat akan hidup subur di wajah kita. Namun ingat..jangan mencuci wajah apalagi menggosok wajah secara berlebihan karena malah akan meningkatkan produksi minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Cucilah wajah 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut.

2. Gunakan kosmetik sesuai dengan jenis kulit anda.
Jika kulit anda berminyak maka gunakanlah kosmetik untuk kulit berminyak, jika kosmetik yang anda gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit anda, jerawat akan segera mendatangi kulit wajah anda. Jadi berhati-hatilah dalam memilih kosmetik.

3. Hindari kosmetik berminyak.
Secara alami wajah kita akan memproduksi minyak, bahkan kulit kering sekalipun. Jadi sebisa mungkin hindarilah menggunakan kosmetik yang berlebihan karena minyak dan debu akan menjadi media bakteri penyebab jerawat untuk bermukim di wajah kita.

4. Keringkan wajah .
Keringkan wajah kita dengan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi, karena bakteri juga menyukai tempat yang lembab dan hangat.

5. Perbanyak minum air putih.
Hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat.

6. Gunakan pelembab kulit.
Menggunakan pelembab akan membantu menyehatkan kulit kita, terutama dari kulit kering dan pecah2. Namun jangan menggunakan pelembab yang berminyak.

7. Cuci muka sebelum tidur.
Pastikan kulit anda bersih sebelum tidur. Selalu cuci muka anda sebelum tidur agar kulit beregenerasi dengan baik.

8. Perbanyak makan sayur dan buah.
Sayuran mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit kita. Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. 

9. Tidur yang cukup dan teratur.
Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan segar kembali.

10. Perhatikan saat cuaca panas.
Jangan sampai keringat, karena bakteri dan kotoran akan menempel di wajah. ikat rambut anda saat panas dan hindari memakai topi dan kaca mata.

11. Ubahlah pola diet Anda.
Dapatkan lebih banyak vitamin dan ganti lifestyle Anda agar lebih sehat. tidur yang teratur, dan jangan biarkan tubuh kekurangan cairan.

12. Pergi ke dokter spesialis kulit.
Sebaiknya Anda coba temui dokter ahli kulit sebagai alternatif terakhir, jika jerawat Anda mulai mempengaruhi percaya diri Anda. 



Untuk mencegah agar noda jerawat anda tidak menjadi semakin parah adalah :

1. Jangan sekali-kali memencet jerawat anda, apalagi jika tangan anda kotor dan terinfeksi bakteri karena HANYA akan semakin meperparah jerawat anda bahkan bisa menimbulkan luka lain ataupun infeksi.
2. Jika sudah timbul luka, anda dapat mengoleskan obat untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan.
3. Cobalah menggunakan ramuan alami belimbing wuluh yang di tumbuk sampai halus seperti bubur lalu dicampur air garam secukupnya, kemudian gunakan sebagai lulur . Lulur ini berfungsi sebagai astringen yang akan membantu memperkecil pori-pori yang terbuka terlalu lebar.
4. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan perbanyaklah konsumsi vitamin C seperti buah jeruk dan makanan yang mengandung zinc seperti kerang dan tiram.


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA