Sabtu, 18 Juni 2011

Cara Mengobati Sakit Gigi

| Sabtu, 18 Juni 2011 | 1 komentar

Sakit gigi kita ketahui merupakan masalah kesehatan yang sering kali dijumpai di Indonesia karena kurangnya perhatian terhadap kebersihan gigi dan mulut. Disini akan dijelaskan secara tuntas seperti apa jenis sakit yang biasa dialami, dan apa gejalanya .

Seringkali yang kita jumpai dalam kasus ini diawali dengan Gejala-gejalanya meliputi :
1. Terasa sakit saat makan / minum yang panas dan dingin , bahkan rasa sakitnya tidak hilang hilang walaupun sudah tidak makan lagi, dan rasa sakitnya masih dapat terasa beberapa menit.
2. Terasa nyeri yang berdenyut-denyut terus menerus dari satu atau beberapa gigi yang terjadi secara spontan. Kita tau terjadi apa apa , tapi tau tau gigi kita terasa ditonjoki orang .


3. Dan yang lebih parahnya lagi Terutama terjadi di malam hari sehingga menyebabkan tidak bisa tidur. Tidur gak bisa , gak tidur malah ngerasain sakit .
Kalo kata bang megy mending sakit gigi daripada sakit hati, Tapi kalau saya sendiri ogah dua dua nya . sakit semua . hehehe

Nah adapun penyebab biasanya meliputi :
1. Peradangan pada pulpa atau pusat syaraf gigi.
2. Patahnya gigi atau pecahnya mahkota gigi yang dapat menyebabkan kematian gigi. ( Masih ada gigi sisa , tapi syarafnya sudah mati )
3. Gigi yang patah ( alias ompong ).
4. Abses gigi (penumpukan nanah pada gusi yang menutupi gigi yang sakit).

Ketika anda mengalami sakit Langkah pertama untuk mengantisipasi , anda minum obat untuk sakit gigi kemudian Segeralah periksa ke dokter gigi agar dapat terdeteksi awal apa penyebabnya dan bagaimana penanggulangannya. jangan nunggu-nunggu karena ditakutkan gigi akan semakin rusak dan sulit untuk disembuhkan .

Agar anda terhindar dari sakit gigi ada beberapa hal yang harus anda lakukan dengan rutin seperti Sikat gigi anda setiap habis makan atau paling tidak 2 kali sehari. Bersihkan sel-sela antar gigi sekali setiap hari dengan dental floss. Hindari makanan kecil yang manis dan lengket. Bila harus memakannya, sikat gigi anda sesudahnya. Dan Periksa gigi secara teratur seperti yang dianjurkan dokter gigi.

Kata pepatah sedia payung sebelum hujan . Jangan cari payung setelah hujan ( karena kita sudah basah dulu ) , nah sebelum kita sakit , kita upayakan untuk bisa merawatnya dengan sebaik-baiknya . Merawat lebih baik daripada mengibati .

Kalau pengalaman dari saya sendiri dan kata temen temen kalau sakit gigi itu salah satu sakit yang menyedihkan . Katanya begini " Orang sakit gigi tu udah sakitnya bukan main tapi gak ada yang nengok , tapi kalo orang sakit panas/demam ada aja yang nengokin , padahal sakitnya juah dari sakit gigi " .
hehehehe iya emang benar sih ......
data diperoleh dari PDGI Online .

Semoga bermanfaat dan semoga kita semua terhindar dari sakit gigi .


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



1 komentar:

uii profile mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

 
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA