Kamis, 16 Juni 2011

Gerhana Bulan Total 2011

| Kamis, 16 Juni 2011 | 0 komentar


Subhanallah begitu kuasanya Allah . .
Mantab mantab mantab . . . .
Gerhana bulan penuh yang terjadi Kamis (16/6) dini hari di indonesia ini . Merupakan gerhana bulan penuh yang keunikannya lebih dibandingkan yang sebelumnya, karena peristiwa alam tersebut akan bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia secara merata dan mungkin seluruh dunia .

Peristiwa gerhana bulan pada tanggal 16 juni ini adalah gerhana bulan total pertama pada tahun 2011 ini. Dan gerhana bulan total kedua diprediksi akan terjadi pada 10 Desember nanti. "Total tahun ini akan terjadi enam gerhana,
" kata Astronom Institut Teknologi Bandung (ITB), Moedji Raharto.

Dua dari total enam gerhana tersebut adalah gerhana bulan total, sedangkan empat lainnya adalah gerhana matahari sebagian. Peristiwa gerhana matahari pertama dan kedua sudah terjadi masing-masing 4 Januari dan 1 Juni lalu, tapi sayangnya peristiwa tersebut tidak bisa dilihat di Indonesia, begitu juga gerhana matahari pada 1 Juli dan 25 November 2011.

Menurut Moedji, peristiwa nanti merupakan peristiwa yang unik karena bulan yang masuk ke umbra bumi sama sekali tidak dapat sorotan cahaya dari matahari kecuali yang dibelokkan bumi. Ia memprediksi akan terdapat warna-warni di daerah umbra yang merupakan indikator dari tanggungan debu aerosol yang ada di angkasa bumi. "itu sangat unik karena saat ini sering hujan, meskipun seharusnya masuk musim kemarau," katanya

Moedji menyatakan tinggi gerhana bulan nanti rata-rata adalah 45 derajat. Khusus untuk wilayah Indonesia bagian timur, seperti Jayapura, tampaknya tingginya hanya 20 derajat.

Fenomena gerhana umbra berlangsung sejak pukul 01.22 WIB sampai pukul 05.03 WIB. Namun gerhana bulan total hanya berlangsung selama 1 jam 41 menit, yakni dari pukul 02.2 WIB sampai 04.03 WIB. Puncak gerhana bulan total berlangsung pada pukul 03.13 WIB, yaitu ketika posisi pusat bundaran bulan berada dekat dengan sumbu kerucut Umbra.

Dengan terjadinya peristiwa ini semoga semakin memantapkan kita begitu kuasanya Allah . Dan dapat menjadi perenungan untuk kita semua bahwa Allah adalah dzat yang dapat melakukan apaun yang disuka . Maha besar Allah atas segala kekuasaannya .


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
Tempat pesan sofa
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA