Senin, 01 Agustus 2011

Tips Berpuasa : Memilih Menu Buka Puasa

| Senin, 01 Agustus 2011 | 0 komentar


Memilih Menu Buka Puasa. Saat berbuka adalah moment-moment yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang yang sedang melaksanakan puasa . Dan banyak orang yang mungkin menganggap dalam memilih menu buka puasa yang penting enak , lezat dan mengenyangkan yang penting sudah sesuai aturan 4 sehat 5 sempurna . Tapi dalam sebuah artikel yang saya baca ternyata semua orang punya aturan sendiri-sendiri dalam memenuhi pola gizinya masing-masing , jadi tidak bisa disama ratakan .
Maka dari itu pada saat berbuka setiap oarng harus tau seberapa konsumsi yang diperlukan . Adapun Bebrapa zat-zat yang diperlukan oleh tubuh adalah :

1. Karbohidrat
Karbohidrat berperan sebagai zat tenaga. Dalam keseharian, karbohidrat dapat didapatkan dengan mengonsumsi nasi, roti, sereal, kentang, mie. Terkadang banyak orang salah kaprah dengan menjadikan mie sebagai lauk untuk makan nasi. Dari sudut pandang gizi yang seimbang hal ini tidak baik karena artinya yang kita makan adalah melulu karbohidrat.

2. Protein
Protein berperan sebagai zat pembangun. Ada dikenal protein hewani dan protein nabati. Protein hewani bisa didapatkan dengan mengonsumsi lauk seperti ikan, daging, atau susu sapi. Sementara protein hewani bisa didapatkan dengan mengonsumsi kacang-kacangan.

3. Vitamin dan mineral
Kedua zat ini penting bagi tubuh sebagai zat pengatur. Ada banyak jenis vitamin dan sumber vitamin seperti buah dan sayur-sayuran.

4. Lemak
Tidak seluruh lemak buruk buat tubuh. Ada lemak yang baik untuk tubuh, terutama yang mengandung omega 3 dan 6. Buat anak ini baik untuk pertumbuhannya.


Dalam berbuka puasa, kita sering dianjurkan untuk mengonsumsi makan-makanan yang manis. Hal ini disebabkan karena tubuh kita membutuhkan zat gula setelah seharian menahan haus dan lapar. Akan tetapi, apabila dikonsumsi secara berlebihan, hal ini akan berbalik menjadi tidak baik untuk tubuh. Mengonsumsi santapan berbuka puasa dengan berlebihan hanya akan membuat sistem kerja alat pencernaan kita terkejut.

Dan perlu diperhatikan lagi bahwa saat berbuka jangan memakan makanan yang sangat panas ataupun sangat dingin. Apalagi disetiap berbuka langsung minum air es , itu kurang baik karena air es sifatnya menunda lapar. Akibat dari hal ini, hidangan lain yang lebih bergizi bisa tidak tersantap karena kita telah kenyang. Asupan gizi yang seimbang pun berisiko tidak terpenuhi.

Untuk berbuka puasa biasakan meminum minuman manis yang hangat dan mengonsumsi makanan ringan yang mudah dicerna. Bisa teh manis, sirup, kurma, pisang goreng. Kurma dianjurkan bahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Karena kurma termasuk makanan manis, namun tidak mengenyangkan. Menyantap beberapa buah kurma dan setelah itu meminum 1-2 gelas air putih atau teh akan membuat sistem pencernaan di dalam tubuh bekerja dengan baik. Berikan jeda agar kadar gula dalam tubuh menjadi normal kembali. Setelah menjalankan shalat Maghrib, silakan nikmati makanan hidangan lengkap (nasi dan lauk pauk). Hal ini bermanfaat untuk membantu tubuh menstabilkan energi metabolisme basal dengan perlahan setelah seharian merosot akibat tidak mendapat pasokan energi.
Demikian semoga bermanfaat . Dan yang terlebih penting lagi jangan terlalu banyak makan saat sahur karena masih ada beberapa ibadah yang akan dilakukan . Kalau kekeyangan takutnya nanti malah ngantuk dan tidak bisa melakukan ibadah lainnya .


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA