Rabu, 24 Agustus 2011

Tips Lebaran : Tips Merenovasi Rumah

| Rabu, 24 Agustus 2011 | 0 komentar


Tips Lebaran : Tips Merenovasi Rumah. Tidak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan akan berakhir dan Lebaran akan segera tiba, apakah Anda siap menyambut sanak saudara dan kerabat datang ke rumah Anda? Berikut beberapa tips merenovasi rumah menjelang lebaran:


1. Mengecat Ulang RumahIni adalah pilihan yang paling cepat dan mudah dalam merenovasi rumah menjelang lebaran, namun memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, untuk menghemat budget – mengingat begitu banyak pengeluaran ekstra menjelang lebaran 

– tentukan bagian mana dari rumah Anda yang ingin dicat. Jika tidak memungkinkan dari segi biaya, Anda bisa mengecat ulang dinding bagian depan rumah dan juga mengecat ulang pagar. Dua bagian ini cukup untuk memberikan kesan segar dan baru bagi rumah Anda, jadi tidak harus mengecat ulang seluruh rumah jika tidak perlu sekali. Gunakan warna yang sedikit berbeda dari warna lama untuk memberikan kesan dan aksen pada dinding dan pagar tersebut.

2. Singkirkan dan Rapikan Beli beberapa kotak kardus bekas untuk tempat meletakkan barang-barang yang tidak lagi digunakan, seperti dekorasi rumah, asesoris interior, gambar atau lukisan, koran dan majalah bekas, dan lain-lain. Untuk memudahkan, buat dua kategori barang yaitu barang yang sudah benar-benar tidak terpakai dan barang yang masih bisa digunakan lagi suatu hari. Mulai dari area depan rumah seperti ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan. Singkirkan benda-benda yang tidak lagi digunakan atau rusak. Setelah semua terkumpul, buat catatan daftar isi kotak dan letakkan di bagian luar kotak agar mudah bila suatu hari ingin mencari barang yang dimaksud. Menyingkirkan barang-barang lama dan menggantinya dengan yang baru dapat memberikan kesan ruang yang berbeda. Namun harus diingat bahwa barang baru disini tidak berarti barang mahal yang baru dibeli dari toko, namun bisa saja hiasan atau lukisan yang sudah lama disimpan dipajang kembali untuk memberi suasana baru.

3. Pilih Tema dan WarnaTentukan tema dan warna baru yang ingin Anda aplikasikan pada ruang-ruang tersebut. Kemudian beli beberapa sarung bantal, taplak, runer, toples kue atau pernak pernik ruang yang sesuai dengan tema dan warna tersebut. Jika budget memungkinkan, Anda juga bisa membeli gorden dan mengganti cushion – atau kalau pun tidak, sekedar menggantinya dengan yang telah Anda milikipun sangat berpengaruh asalkan tetap konsisten dengan tema dan warna ruang yang telah Anda pilih.

4. Segarkan Taman DepanRapikan rumput, cabut tanaman liar, lakukan re-potting, pangkas tanaman yang telah terlalu lebat atau ganti beberapa bunga dengan yang baru. Jika Anda tak memiliki cukup waktu, dan budget memungkinkan, Anda dapat menyewa jasa taman. Upah tukang taman biasanya berkisar Rp. 30 ribu sampai Rp. 80 ribu per datang – tergantung luas taman.

5. Beli bunga segarBelilah beberapa tangkai bunga segar seperti bunga sedap malam, yang dapat Anda beli sehari sebelum Lebaran. Selain mempercantik rumah, juga aroma wangi bungadapat memberikan kesegaran pada ruangan rumah Anda

6. Patuh Pada BudgetSebelum Anda mulai merenovasi rumah Anda menjelang lebaran, ada baiknnya Anda telah menentukan budget untuk keperluan ini sejak awal dan mematuhinya. Masukkan uang yang telah Anda siapkan dalam amplop terpisah agar saat belanja pengeluaran tetap terkontrol.
Semoga dengan mengikuti tips di atas, rumah Anda akan terlihat baru dan cantik  di saat lebaran sehingga tidak hanya Anda yang siap menerima tamu saat lebaran, namun juga rumah Anda.
sumber : http://jurusehat.com/web/tips-renovasi-rumah-menjelang-lebaran/


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA