Sabtu, 13 Agustus 2011

Keunikan Lumba-Lumba

| Sabtu, 13 Agustus 2011 | 0 komentar


lumba-lumba 1Keunikan Lumba-Lumba. Lumba-lumba, mamalia air yang satu ini mungkin tak asing lagi bagi kita, sosok ikan yang melambangkan persahabatan dan juga sosoknya yang ramah, lucu dan imut membuat manusia cepat akrab dan menyukai mamalia yang satu ini.



Lumba-lumba banyak dimanfaatkan oleh berbagai pihak, seperti militer AS yang pernah melakukan percobaan terhadap lumba-lumba untuk misi Spionase (mata mata). Lumba-lumba memiliki keunikan yang sesungguhnya bila kita sebagai manusia jeli dapat menangkap maksud dari perubahan perilaku lumba-lumba tersebut.

Keunikan Lumba-Lumba tersebut antara lain, suka menolong manusia yang kebetulan tersesat atau terombang ambing di tengah laut (biasanya lumba-lumba menolong dan membimbing menuju perairan), selain itu dapat juga mengetahui kapan bencana gempa akan terjadi.

Semua itu memungkinkan karena lumba-lumba merupakan hewan yang sangat mudah untuk dilatih. diperkirakan terdapat antara 30 sampai dengan 40 jenis lumba-lumba, 5 diantaranya merupakan lumba-lumba yang hidup di air tawar. Walaupun mereka hidup di dalam air, lumba-lumba adalah mamalia yang bernafas melalui blowhole, yang terletak di bagian atas kepala mereka.

Beberapa jenis lumba-lumba harus naik ke permukaan untuk bernafas setiap 20 sampai 30 detik. Lumba-lumba sangat sosial, gemar bermain, teliti, dan cerdas. Mereka hidup dalam kelompok atau keluarga yang disebut Pods. lumba-lumba berisitirahat dengan hanya mengaktifkan setengah dari otak mereka, dan mata nya terbuka sebelah.

Hal ini memungkinkan mereka untuk naik ke permukaan untuk bernafas dan untuk melindungi diri dari predator. lumba-lumba jantan biasa disebut Bulls (banteng) sedangkan betinanya di sebut Cows (sapi). Lumba-lumba dapat mencapai kecepatan 60 km/jam nya atau 37 mph. Selain itu Kedua sisi otak lumba-lumba bekerja secara terpisah.

Selama 8 jam, kedua sisi otak itu sadar. Kemudian sisi yang kiri akan tidur selama 8 jam. Setelah sisi itu terbangun, sisi yang kanan akan tidur selama 8 jam. Dengan demikian lumba-lumba dapat tidur selama 8 jam tanpa harus berhenti secara fisik dan terus berenang.

lumba-lumba menggunakan suara untuk indera penglihatan nya, menggunakan suara untuk mencari ke arah mana dia harus berenang mencari makan, Keunikan Lumba-Lumba yaitu saat lumba-lumba mengeluarkan suaranya untuk mencari ikan-ikan kecil makanannya, maka ikan-ikan kecil itu akan tidak berdaya.

Fakta lain tentang Keunikan Lumba-Lumba yang mungkin kita sering mengetahuinya adalah mereka suka mengiringi kapal kapal yang berlayar di tengah lautan di sisi kiri kanan lambung kapal, hal ini tentu saja menjadi tontonan tersendiri bagi penumpang kapal.

Beberapa tahun belakangan ini, banyak lumba-lumba yang diburu untuk dijadikan bahan makanan karena dipercaya memiliki khasiat kesehatan. Hal ini sungguh sangat menyedihkan, karena hal tersebut dapat menyebabkan kepunahan hewan itu dari muka bumi. Sering kita mendengar, mereka terdampar di pesisir pantai karena akibat dari terganggunya sistem navigasi yang di karenakan gelombang panas atau adanya gangguan lain di laut.Bila gendang telinga binatang itu rusak, mereka akan kehilangan arah, dan kemudian muncul ke permukaan lalu berenang tak tentu arah.

Sekarang tergantung peran kieta semua untuk menjaga dan melestarikan hewan yang mempunyai kesaktian dalam tubuhnya. Apalagi lumba-lumba juga hewan yang banyak sekali mempunyai keunikan. Mari jaga dan melestarikan Keunikan Lumba-lumba .


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA