Senin, 17 Oktober 2011

Gamelan Meriahkan Pernikahan Putri Bungsu Sultan Jogja

| Senin, 17 Oktober 2011 | 0 komentar

Gamelan Meriahkan Pernikahan Putri Bungsu Sultan Jogja - Selain pelaminan, dan kursi yang sudah tertata rapih di Bangsal Kepatihan, seperangkat alat musik gamelan juga telah di siapkan untuk mengiringi prosesi pernikahan putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu Bendara alias Jeng Reni dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara.
Rencananya gamelan tersebut juga akan berkolaborasi dengan orkestra yang musisinya terdiri atas  orang-orang pilihan. Sebelumnya kolaborasi  ini belum pernah ada dalam pernikahan puteri-puteri Keraton. Namun menurut Kepala Humas Provinsi DIY Kus Kasriyati sesuai dengan statement awal Sri Sultan Hamengku Buwono X, meski ada modifikasi, namun tetap tidak meninggalkan pakem. "Pakemnya tetap gaya Yogya," imbuhnya kepada Tribun Jogja, Senin (17/10)

Seperangkat alat musik tersebut nantinya juga akan mengiringi dua tarian di atas Bangsal Kepatihan. Di antaranya Tarian Bedoyo Penganten, dan Tarian Lawung Jajar. Masing-masing tarian berdurasi 15 menit.

Resepsi pernikahannya akan berlangsung mulai pukul 19.00 di Bangsal Kepatihan, kompleks kantor Gubernur DIY. Sebelumya pukul 10.00-13.00 WIB di Bangsal Kencana akan berlangsung Upacara Panggih.  Rencananya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono akan hadir dalam acara panggih di Keraton. 

sumber : http://jogja.tribunnews.com/2011/10/17/gamelan-dan-orkestra-akan-ramaikan-pernikahan-jeng-reni


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA