Jumat, 10 Juni 2011

Macam-Macam Widget untuk Mempercatik Blog

| Jumat, 10 Juni 2011 | 4 komentar


Hai para bloger , saya yakin kalian sering denger istilah widget yang disebut dalam blogosphere. namun sebenarnya apa sih widget itu?

definisi Widget, ( referensi dari wikipedia.org ) dalam istilah internet merupakan “kode portabel ( biasanya DHTML, JavaScript atau Adobe Flash ) yang dipasang ( diinstall, atau sederhananya, copy paste ) pada suatu halaman web, yang memiliki suatu fungsi tertentu dan menjadi suatu bagian dalam halaman web tersebut.”

istilah lain untuk widget : gadget, badge, module, webjit, capsule, snippet, mini, flake, application, dll.
program widget dijalankan oleh satu situs. katakanlah widget.com. anda mempunyai blog, katakanlah blog.com. Lalu anda mengkopi kode widget dari widget.com dan di pasang di blog.com. Nah, proses dari widget itu sendiri dijalankan di wodget.com, namun ketika anda mengakses blog.com, anda akan melihat output dari proses yang dijalankan di widget.com di halaman blog.com


Nah ini ada beberapa widget yang patut untuk kalian coba agar blog kalian bisa tampil lebih manis dan mantabbbb .

1. Flickr Flash Photo Stream Badge – Widget ini menampilkan photo-photo dari profil flickr Anda secara berurutan dan dengan sentuhan flash. Flickr merupakan bagian dari yahoo jadi untuk mendapatkan widget ini Anda memerlukan account yahoo seperti pada widget MyBlogLog di atas.

2.FEEDJIT – Feedjit merupakan layanan real time traffic pada blog Anda. Ada empat pilihan widget Feedjit yang bisa Anda gunakan, silahkan kunjungi saja Feedjit dan lihat empat widget apa saja yang tersedia.

3. ClockLink – Sepertinya widget ini yang paling banyak diminati dan digunakan para blogger yang peduli dengan manajemen waktu, seperti namanya clock, widget ini menampilkan petunjuk waktu atau jam pada blog Anda.

4. Daily Painters – Widget ini sangat cocok bagi Anda yang berjiwa seni tinggi karena widget ini menampilkan lukisan-lukisan dari pelukis terkenal di dunia

5. WhoLinked – Memperlihatkan kepada pengunjung blog Anda situs-situs yang telah melink pada blog Anda. tidak perlu mengupdate karena WhoLinked ini secara teratur mengupdate sendiri web/blog yang melink blog Anda.

6. Calender – Berbeda dengan WordPress yang sudah mempunyai widget ini di dalamnya, untuk pengguna blogger widget kalender belum tersedia, oleh karenanya jika Anda ingin menampilkan kalender maka widget satu ini pantas di perhitungkan.

7. FeedCount – Menampilkan jumlah pengunjung blog Anda melalui banner kecil dan widget ini berhubungan dengan account feedburner Anda

8. MyPageRank – Inilah cara lain untuk sombong menunjukkan betapa hebat dan bermanfaatnya blog Anda dengan menampilkan Ranking Google atau Google PageRank (PR). Penilaian PR google ini seperti saat kita SD dulu ada rangking 1 sampe 10, bedanya PR yang baik menurut google itu yang lebih besar alias 10, kalo baru satu berarti belum besar-besar amat blog Anda

9. CheckPageRank – Pilihan lain untuk menampilkan PR blog Anda, namun kelebihannya widget ini menampilkan juga ranking Alexa.

10. Counter Statistic – Bagi Anda yang ingin melihat jumlah pengunjung Anda sehari-hari, maka widget ini adalah salah satu yang menyediakan fasilitas tersebut.

11. BlinkxIt – Widget mantab sangad karena menampilkan banner kecil dibawah setiap postingan blog Anda, ketika banner BlikxIt itu di klik maka keluar mini popup seperti snapshot dan menampilkan video yang berhubungan dengan postingan blog Anda.

12. Plaxo Address Book – Izinkan pengunjung setia yang telah Anda percayai untuk mengakses buku tamu mereka langsung dari blog Anda.

13. Google Map Widget – Perlihatkan pencarian pada peta google dari blog Anda.

14. This Day in History – Widget ini menampilkan cuplikan bahwa hari ini ada sejarah apa pada masa lalu.

15. Flag Counter – Widget yang satu ini memberitahu kita pengunjung kita berasal dari negara mana saja. Dalam widget kita bisa mengatur isinya sesuai selera, mulai dari jumlah halaman yang di lihat, jumlah pengunjung dari suatu negara ke blog / web kita. Fungsinya sama dengan FEEDJIT, tapi ini lebih sederhana silakan coba

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat . . 


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



4 komentar:

Rizky D. mengatakan...

:D

Master Education mengatakan...

Join my blog sob !
www.mastereducationblogger.blogspot.com ;)

Unknown mengatakan...

izin copas bang, :D

MMC pandeglang mengatakan...

info yang sangat bermanfaat sekali buat di simak, ..

 
Tempat pesan sofa
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA