Selasa, 01 November 2011

7 Hal Untuk Memperpanjang Harapan Hidup

| Selasa, 01 November 2011 | 0 komentar


7 Hal Untuk Memperpanjang Harapan Hidup. Setiap orang pasti mendambakan hidup sehat dan panjang umur. Namun, permasalahannya, sudah siapkah Anda untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi gaya hidup yang sehat? Berikut ini adalah 7 (tujuh) hal yang harus Anda ketahui dan lakukan untuk memperpanjang harapan hidup:

1. Mengetahui dan mengendalikan kadar kolesterol
Setiap kali mendengar kata kolesterol, yang ada di bayangan kita mungkin sebuah kondisi tersumbatnya aliran pembuluh darah dan operasi by-pass (pada jantung). Tingginya kadar kolesterol merupakan faktor utama pencetus obesitas yang bisa berdampak pada komplikasi penyakit seperti diabetes, jantung, dan stroke. Mengendalikan kadar kolesterol melalui pemeriksaan rutin dan pola diet seimbang adalah langkah bijaksana agar terhindar dari risiko penyakit.
2. Lakukan cek kesehatan
Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin penting untuk menghadapi masalah kesehatan yang tak terduga. Semakin dini dideteksi, maka semakin besar pula kesempatan untuk sembuh. Jadi, jangan tunggu sampai sakit baru Anda melakukan pemeriksan. Terlepas dari berapa usia Anda, pemeriksaan medis harus menjadi prioritas, utamanya jika Anda memiliki masalah kelebihan berat badan, merokok atau punya kebiasaan konsumsi alkohol.
3. Ketahui dan kontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah keluhan yang umum dialami baik pria maupun wanita. Masalah hipertensi biasanya rentan diderita oleh individu yang mengalami obesitas, sering stres atau cemas, pencandu alkohol, penderita diabetes, dan perokok. Tidak ada gejala mencolok dari penyakit ini sehingga sebagian besar terjadi tanpa disadari. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah (tensi) minimal sekali dalam kurun waktu tiga bulan. Hipertensi sering dihubungkan dengan stroke, jantung, gagal jantung, dan serangan penyakit ginjal.
4. Hindari makan berlebihan
Ketika seseorang menyukai makanan, mereka akan menganggap makan secara berlebih sebagai suatu yang wajar. Menghindari makan berlebih merupakan strategi yang paling tepat untuk membantu menurunkan berat badan secara alami.
5. Mengelola diabetes
Jika Anda berpikir bahwa diabetes merupakan penyakit orang tua, itu sesuatu yang keliru. Diabetes adalah konsekuensi akibat kelebihan berat badan dan pilihan gaya hidup yang buruk. Kondisi ini dapat terjadi pada individu usia muda 20 tahun. Kabar baiknya adalah penyakit diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan mengikuti gaya hidup sehat, mencakup berolahraga secara teratur, menghindari stres, diet sehat, dan rutin cek kesehatan.
6. Bebas rokok
Merokok meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular 2-4 kali dan memengaruhi organ penting lain di dalam tubuh. Rokok tidak hanya meningkatkan faktor risiko kesehatan pemakainya, tetapi juga memengaruhi orang yang berada di sekitar mereka. Dengan mengurangi faktor risiko karena merokok, 80 persen kematian dini karena masalah jantung dapat dihindari. Tidak hanya itu, Anda juga dapat meningkatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan.
7. Masak sehat
Di tengah banyaknya pilihan makanan siap saji dan junk food di pasaran, tidak ada salahnya Anda belajar dasar-dasar metode memasak yang sehat. Cara yang paling efektif untuk mengelola berat badan Anda adalah melalui memasak makanan sehat yang dibuat di rumah.
sumber ; http://health.kompas.com/read/2011/11/03/12570844/7.Kebiasaan.Ini.Perpanjang.Harapan.Hidup


Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
Tempat pesan sofa
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA