Minggu, 13 November 2011

Cara Mengatasi Mata Bengkak Setelah Bangun Tidur

| Minggu, 13 November 2011 | 0 komentar



Cara Mengatasi Mata Bengkak Setelah Bangun TidurSaat bangun di pagi hari kadang seseorang mengalami mata bengkak sehingga membuatnya tidak percaya diri. Sebenarnya apa yang menyebabkan mata jadi bengkak saat pagi hari?

Mata yang bengkak biasanya baru tersadari saat seseorang bangun tidur. Kejadian ini adalah hal yang umum terjadi dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya, seperti dikutip dari Livestrong danMayoclinic yaitu:

1.Makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur
Jika mengonsumsi makanan yang kaya natrium atau minum alkohol berlebih maka kemungkinan akan bangun dengan mata bengkak. Hal ini karena makanan yang terlalu asin atau natrium tinggi menyebabkan tubuh menahan air sehingga memicu mata bengkak. Sementara itu alkohol bertindak sebagai minuman yang memicu dehidrasi sehingga membuat kulit di bawah mata terasa lebih tipis. Hal ini menyebabkan cairan yang menumpuk lebih terlihat dan tampak lebih bengkak.

2. Posisi tidur
Tidur dengan posisi kepala yang tidak ditinggikan bisa membuat cairan terakumulasi di bawah mata. Sebaliknya jika kepala agak tertopang dengan menempatkan bantal di bawah kepala akan memungkinkan kekuatan gravitasi untuk menarik cairan dari bawah mata secara alami.

3. Berapa lama waktu tidur
Mendapatkan waktu tidur yang cukup tidak hanya membantu tubuh berfungsi dengan baik, tapi juga mempengaruhi tingkat peradangan dalam tubuh. Bila tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka pembuluh darah di bawah mata akan membesar dan lebih dekat dengan permukaan sehingga tampak lebih bengkak.


Jika memang anda sering mengalami mata bengkak setelah bangun tidur maka ada beberapa cara untuk mengatasi mata bengkak seperti dibawah ini :
  1. Setelah Bangun tidur kompres mata anda dengan air dingin , atau bisa juga pakai irisan timunyang berfungsi untuk menyempitkan pembuluh darah.
  2. Pijat-pijat secara perlahan-lahan pada area sekitar mata yang sedang dikompres. Agar ciran yang menumpuk disekitar mata dapat berkurang.
  3. Jika mata bengkak akibat makan makanan asin di malam hari, maka minum air putih saat bangun tidur bisa membantu mengurangi mata bengkak.
  4. Cobalah tidur cukup dan menggunakan bantal untuk membantu menopang kepala sehingga mencegah akumulasi cairan di sekitar mata selama tidur.
  5. Jika mata yang bengkak akibat alergi terhadap sesuatu, maka kenali pemicu alergi tersebut. Alergi ini bisa disebabkan oleh sabun, kosmetik atau obat tertentu.
Semua orang pasti ingin tampil menarik , dan dengan mata yang sehat maka kita akan tampil lebih menarik . Mata adalah jendela kehidupan . Jadi peliharalah kesehatan mata anda sebaik mungkin .



Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

 
Tempat pesan sofa
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA