Rabu, 09 Mei 2012

Pengertian , Contoh Penerapan dan Penanggulangan SQL Injection

| Rabu, 09 Mei 2012 | 0 komentar

Pengertian , Contoh Penerapan dan Penanggulangan SQL Injection 

Ø Apa itu SQL Injection ?
Kali ini saya akan membahas sedikit mengenai SQL Injection yang merupakan salah satu istilah dalam dunia teknologi khususnya dalam teknologi database. Tutorial ini sebenarnya saya buat untuk mengerjakan tugas praktikum kuliah saya . Oke langsung saja kita bahas lebih lanjut lagi ----->>>


SQL Injection merupakan salah satu masalah vulnerability dalam security dalam implementasi database. SQL sendiri merupakan singkatan dari Structured Query Languange. Artinya pengelolaan database dilakukan dengan mengirimkan perintah-perintah (queries) yang terstruktur dengan bahasa yang tersedia. Nah, SQL Injection yang secara harafiah berarti penyuntikan SQL memiliki artinya menyisipkan perintah atau query ke dalam query yang akan digunakan dalam database SQL.

Penggunaan SQL sebagai salah satu database management system turut mempopulerkan istilah SQL Injection ini dan menjadikan SQL Injection sebagai salah satu masalah keamanan yang cukup berbahaya bila tidak ditangani dengan serius. Apalagi penggunaan database dengan basis SQL seperti MySQL, Microsoft SQL Server, PostgreSQL cukup populer dibanding database lainnya.

SQL Injection umumnya terjadi karena ketidaktelitian programmer dalam membuat script yang akan dijadikan query SQL. Dan tentu saja hal ini bukan merupakan sesuatu yang mudah untuk dihilangkan karena setiap programmer memiliki tingkat ketelitiannya masing-masing saat membuat program.


Ø Contoh Penerapan SQL Injection

Mari kita lihat contoh penerapan SQL Injection seperti di bawah. Perlu diketahui bahwa contoh yang saya gunakan adalah dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.
Seringkali ketika kita akan mengambil data dari database, kita akan menggunakan query seperti

"SELECT * FROM table_user WHERE username = '".$username."';"

Ketika user memasukkan data ke variable $username dengan nilai etersoul maka kode di atas akan berubah menjadi:
SELECT * FROM table_user WHERE username = 'etersoul';

Hasil di atas tampak tidak bermasalah dan dengan mudah sang programmer akan mendapatkan semua data mengenai seorang user dari table_user yang memiliki username = ‘etersoul’. Masalah akan timbul bila seorang hacker (atau user lain) yang mencoba untuk memasukkan nilai ' OR 1 = 1; -- ke dalam variabel $username. Maka hasil dari penggunaan variabel tersebut adalah:

SELECT * FROM table_user WHERE username = '' OR 1 = 1; --'

Query di atas akan mengambil semua data yang terdapat dalam table_user karena terdapat nilai 1 = 1 yang selalu bernilai true. Sedangkan penggunaan -- berguna agar kode setelah tanda tersebut dianggap sebagai komentar (comment) dan tidak dieksekusi oleh SQL. Seorang hacker bisa saja menggunakan data yang telah didapat di atas untuk keperluan yang buruk misalnya menggunakan account user karena password telah diketahui (walau pada kenyataannya saat ini kebanyakan password telah dienkripsi atau diacak sebelum dimasukkan ke database).
Bila contoh di atas tidak cukup, mari kita coba menggunakan

'; DROP TABLE table_user; --
sehingga menjadi:

SELECT * FROM table_user WHERE username = '; DROP TABLE table_user; --'

Setelah query tersebut dieksekusi, maka hilanglah tabel table_user dari database Anda, kecuali Anda memiliki backup atas table itu.

Ø Cara Pencegahan
Cara yang dapat dilakukan cukup mudah. Di PHP sendiri disediakan fungsi mysql_real_escape_string() yang dapat digunakan untuk “membersihkan” (sanitize) string dengan melakukan escape atau perubahan terhadap karakter-karakter tertentu, misalnya karakter \ menjadi \\, ” menjadi \” sehingga tidak terjadi salah “asumsi” oleh SQL. Sedangkan untuk melakukan sanitize terhadap integer dapat digunakan fungsi intval(). Untuk float dapat digunakan floatval(). Sekarang mari kita lihat kode hacker di atas setelah di-sanitize dengan mysql_real_escape_string($username);

SELECT * FROM table_user WHERE username = '\' OR 1 = 1; --'
atau

SELECT * FROM table_user WHERE username = '\'; DROP TABLE table_user; --'
Yah, sekarang tanda ‘ telah di-escape menjadi \’ sehingga SQL tidak akan menganggap tanda kutip tersebut sebagai bagian dari perintah SQL untuk menutup tanda kutip sebelumnya, melainkan sebagai sebuah karakter.

Untuk bahasa pemrograman lainnya umumnya telah disediakan juga fungsi untuk melakukan escape terhadap string (umumnya fungsi tersebut menggunakan kata escape). Dalam PHP sendiri dapat digunakan mysql_escape_string(), akan tetapi fungsi ini tidak disarankan untuk digunakan karena tidak melakukan escape terhadap beberapa jenis karakter.

Yah, itulah sedikit penjelasan mengenai SQL Injection. Semoga hal ini dapat membantu Anda dalam membuat program yang baik dan aman.

Artikel ini saya sadur dari http://etersoul.com/2008/02/20/sql-injection/  sebagai referensi saya dalam mengerjakan tugas kuliah saya .


 SQL INJECTION 



Baca Juga Artikel Yang Berkaitan



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
© Copyright 2011. All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com
ILMU KIETA | Tempat Sharing Dan Bertukar Ilmu | ILMU KIETA